Tips Olahraga yang Baik dan Benar

Tips Olahraga yang Baik dan Benar, Olahraga adalah suatu kegiatan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dengan rutin berolah raga, seseorang akan mendapatkan tubuh yang segar tidak mudah lelah dan juga bisa menambah semangat. Olahraga adalah kegiatan yang cenderung kegiatan jasmani, tetapi jika jasmani sehat rohani pun akan mendapat ketenangan.

Olahraga tidak harus ketempat fitnes atau club olahraga. Olahraga ringan bisa kamu lakukan sendiri dengan jogging setiap pagi. Bahkan senam lantai sendiri pun bisa dilakukan. Oh iya, bagaimana melakukan Olahraga yang baik dan benar ? Kebanyakan orang tidak sabaran ketika melakukan olahraga, akibatnya saat olahraga terjadi cedera. Nah, simak infonya ya sob.

Persiapan Sebelum Olahraga

Dalam dunia kesehatan, seseorang yang ingin olahraga teratur harus memiliki pola makan yang teratur juga. Faktanya, banyak orang yang berolahraga dalam keadaan perut kosong atau pun kekenyangan. Hal ini sangat tidak dianjurkan, untuk itu disarankan pola makan yang baik untuk kamu yang teratur olahraga adalah sebagai berikut :

  1. Makan berat (nasi+lauk)

Nah, sebelum olahraga pastikan jangan sampai perut kosong. Makanlah nasi atau sesuatu makanan yang berat dan mengandung banyak karbohidrat. Pola makan berat yang baik sebelum olahraga adalah 4 jam sebelum olahraga. Untuk porsi makan secukupnya saja dan jangan sampai kekenyangan.

  1. Makan snack atau makanan ringan

Nah, setelah makan berat saatnya makan makanan ringan yang berprotein maupun memiliki nutrisi yang cukup untuk tubuh. Lakukan makan snack seperti roti kering atau makanan ringan yang lain 3 jam sebelum olahraga atau satu jam setelah makan berat. Makan makanan ringan pun ada batasnya, jangan berlebih.

  1. Makan buah sebelum olahraga

Kebutuhan tubuh akan nutrisi dalam buah sangat tinggi. Untuk itu jangan sampai saat olahraga tubuh kamu kekurangan gizi dalam buah. Makanlah buah segar yang manis jangan asam. Untuk pola makan buah adalah 2 jam sebelum olahraga atau satu jam setelah makan sanck.

  1. Minum air putih sebelum olahraga

Tubuh memerlukan mineral yang sangat banyak ketika melakukan aktivitas seperti olahraga. Jangan sampai merasa dehidrasi saat olahraga. Minumlah 2 gelas air berselang setengah jam sebelum olahraga.

Memulai olahraga

Setelah selesai persiapan sebelum olahraga saat kita memulai olahraga. Saya ambil contoh olahraga yang ringan dan mudah saja, yaitu jogging.

  1. Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit

Jangan olahraga ketika tubuh sakit. Meskipun olahraga tujuannya untuk sehat, nyatanya jika dilakukan pada saat sakit akan membuat tubuh menjadi tambah lemah. Lebih baik istirahat sampai tubuh benar-benar pulih.

  1. Pemanasan

Setelah memastikan kondisi tubuh sehat, saatnya adalah Pemanasan. Dalam semua olahraga diwajibkan untuk pemanasan, karena akan sangat fatal ketika kamu tidak melakukan pemanasan dan malah langsung melakukan olahraga (contoh: jogging).

Akibat dari tidak pemanasan bermacam – macam. Mulai dari kesleo, kaki terkilir, otot tegang, encok dan lain sebagainya. Untuk itu lakukan pemanasan sebelum olahraga, minimal 15 menit untuk pemanasan. Mulailah dengan meregangkan otot leher, tangan, bahu, pinggul, lutut dan pergelangan kaki. Regangkan sampai otot terasa lentur dan tidak kaku.

  1. Tidak memaksakan tubuh

Lakukan olahraga semampu tubuh. Jangan sampai terlalu lama dan membuat tubuh menjadi kelelahan. Idealnya olahraga teratur dan pas untuk manusia adalah sekitar 1 sampai 2 jam saja. Jangan melebihi kapasitas kekuatan tubuh.

Jika kamu jogging, alangkah baiknya merencanakan rute nya dulu. Jangan terlalu jauh yang bisa membuat tubuh menjadi lelah. Sesekali saat jogging kamu bisa berjalan cepat kemudian jogging lagi. Jangan dikit – dikit berhenti nanti tubuh akan cepat lesu dan malas untuk gerak

Terakhir pesan dari saya adalah lakukan olahraga seringan apapun secara rutin dan membuat tubuh menjadi segar bugar. Dan semoga artikel ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here