Home Pengetahuan Alam Pengertian Planet Dan Ciri-Cirinya

Pengertian Planet Dan Ciri-Cirinya

Pengertian Planet Dan Ciri-Cirinya

Planet adalah sebuah benda langit yang mengelilingi atau mengorbit suatu bintang dengan kecepatan dan lintasan tertentu. Dalam mengenal sebuah planet, anda harus tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Revolusi, Kala Revolusi, dan Rotasi.

Planet dikatakan Revolusi ketika planet mengitari matahari penuh dalam satu putaran, sedangkan planet bisa dikatakan Kala Revolusi saat planet mengitari matahari untuk waktu yang di perlukan dalam satu kali Revolusi. Rotasi merupakan mengorbitnya suatu planet pada porosnya, satu kali rotasi bisa disebut dengan Sekala Rotasi.

Banyak orang di luaran sana bertanya, mengapa planet tidak bertabrakan padahal jumlah planet tidaklah sedikit? karena sebuah planet memiliki lintasan maya berbentuk elips yang kita tahu dengan nama Orbit. Planet akan tetap berada di lintasan orbitnya akibat dari pengaruh gaya gravitasi matahari. Orbit planet tersebut akan semakin panjang jika jarak planet terhadap matahari semakin jauh.

Dalam sisitem tata surya, planet dibagi dalam 2 kelompok yaitu planet dalam dan planet luar. Macam-macam Planet di sistem tata surya ini memiliki karakteristik dan ciri khusus masing masing. Untuk mengetahui planet manakah yang termasuk planet dalam dan planet luar, mari kita simak beberapa ciri-ciri planet tersebut :

Ciri Ciri Planet Dalam dan Luar

1. Ciri-Ciri Planet Dalam

β€’ Memiliki Sedikit Satelit

Ciri –ciri yang pertama adalah memiliki sedikit satelit. Anda bisa melihat beberapa informasi tentang jumlah satelit dalam sebuah planet, anda akan mengetahui lebih jelas manakah planet yang dikelompokan kedalam planet luar dan palnet dalam.

β€’ Memiliki Permukaan yang Padat

Planet yang memiliki permukaannya lebih padat bisa digolongkan kedalam planet dalam, Anda bisa mencar informasi tentang kepadatan planet dan Anda bisa mengelompokannya dengan mudah.

β€’ Terbentuk dari Batu dan Tanah

Contoh yang paling mudah adalah bumi tercinta kita ini. Bumi kita ini terbentuk dari batuan dan tanah sebagai tempat pijakan untuk semua orang.

β€’ Tidak Memilik Cincin

Ini adalah ciri ciri paling mudah untuk anda bedakan dalam pengelompokan suatu palnet, Anda tinggal mencari planet yang tidak memiliki cincin yang mengitari plnet tersebut. Contoh planet yang tergolong kedalam planet dalam adalah Merkurius, Venus, Bumi, dan mars.

2. Ciri-Ciri Planet Luar

β€’ Memiliki Sanyak Satelit

Seperti kebalikan dari ciri ciri planet dalam, palanet luar memiliki sedikit satelit dan biasanya planet tersebut cukup jauh dari matahari.

β€’ Memiliki Cincin dan Atmosfer yang Besar

Planet yang tergolong planet luar akan memiliki sebuah cincin yang mengitari planet tersebut dengan ketebalan yang berbeda beda.

β€’ Terbentuk dari Hidrogen dan Helium

Planet luar terbentuk dari hidrogen dan helium yang biasanya planet tersebut tidak dapat di huni akibat oksigen yang terbatas. Contoh planet luar adalah planet Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Sebenarnya ada satu Planet lagi yang tergolong kedalam planet luar yaitu Pluto. Namun sudah dikeluarkan dari pengelompokan sistem tata surya karena memiliki lintasan yang tidak beraturan, juga alasan kuat yang lainnya.

Macam-Macam Planet Dan Ciri-Ciri Khususnya

β€’ Planet Merkurius

Ciri Ciri Planet Merkurius dan PenjelasannyaPlanet Merkurius merupakan planet yang paling dekat dengan matahari. Suhu permukaannya bisa mencapai 400 deraja celcius di siang hari, dan 180 derajat celcius saat malam hari. Ciri ciri paling mencolok dari planet ini adalah tidak memiliki cincin, diameter 4.879 Km dan jarak dari matahari sekitar 57,9 juta Km.

β€’ Planet Venus

Ciri ciri Planet Venus dan Penjelasan LengkapPlanet Venus sering di kenal dengan nama Bintang Sore atau Bintang kejora karena kita bisa mengamati planet tersebut pada saat hari akan petang dan sebelum matahari akan terbit. Venus juga merupakan planet terpanas yang ada di tata surya dengan suhu mencapai 470 derajat celcius. Ciri ciri planet venus adalah planet yang paling panas dan ditutupi oleh awan tebal karbon dioksida.

β€’ Planet Bumi

Planet Bumi dan PenjelasannyaSatu satunya planet yang bisa di tempati dan dihuni oleh manusia karena memiliki suhu yang relatif tetap. Lebih dari 70% dari bumi adalah air dan 30% adalah daratan. Ciri ciri bumi adalah tidak memiliki cincin, berwarna biru jika dilihat dari luar angkasa, dan memiliki satelit satu yaitu Bulan.

β€’ Planet Mars

Pengertian Planet Mars, Ciri Ciri Karakteristik Dan Penjelasan LengkapPlanet mars sering dijuluki sebagai Planet merah karena permukaannya berwarna merah, ciri ciri planet tersebut adalah tersusun atas karbon dioksida yang tipis, tidak memiliki cincin dan memiliki suhu rata rata minus 65 derajat celcius.

β€’ Planet Yupiter

Planet Jupiter Beserta Penjelasan LengkapPlanet yang terbentu katas gas Helium dan Hidrogen. Ciri cirinya adalah Planet terbesar yang ada di tata surya, memiliki cinci yang paling besar, dan memiliki suhu rata rata 50 deraja celcius.

β€’ Planet Saturnus

Planet Saturnus Pengertiannya, Satelit dan Penjelasan LengkapHal yang paling mecolok dari planet Saturnus ini adalah angin yang lebih kencang daripada badai di bumi. Ciri cirinya adalah permukaan yang terdiri dari kristal dan es, cincin yang terbuat dari batu dan bongkahan es.

β€’ Planet Uranus

Planet Uranus, Sejarah, Gambar, Diameter dan Penjelasan LengkapCiri ciri planet uranus adalah memiliki permukaan yang terlihat hijau kebiruan, suhu rata- rata minus 140 derajat celcius dan memiliki cincin.

β€’ Planet Neptunus

Planet Neptunus Pengertian, Ciri Ciri Karakteristik dan SatelitCiri cirinya adalah planet yang paling jauh dari matahari, memiliki suhu rata-rata minus 223 derajat celcius dan memiliki orbit yang berbarisan dengan pluto.

5/5 (2)

Please rate this

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here