Home artikel Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli Dan Secara Umum

Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli Dan Secara Umum

Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli Dan Secara Umum

Secara umum, motivasi merupakan suatu dorongan dengan tujuan sebagai penyemangat atau penggerak untuk seseorang sebagai upaya dalam hal yang positif bahkan hingga negatif. Motivasi merupakan istilah dalam bahasa inggris ‘motivation’, yang sebenarnya berasal dari kata dasar ‘motive’ yang diartikan dalam bahasa Melayu yang artinya tujuan atau segala upaya untuk mendorong seseorang dalam melakukan sesuatu.

Ringkasnya, motivasi merupakan suatu perubahan yang terjadi pada diri seseorang yang muncul gejala perasaan, kegelisahaan, kejiwaan, hingga emosi yang terdorong pada suatu individu dalam melakukan suatu tindakan karena suatu kebutuhan, keinginan, dan tujuan.

Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian motivasi menurut para ahli.

Uno (2007)

Motivasi merupakan dorongan internal dan eksternal dalam diri individu yang disebabkan adanya minat dan keinginan, dorongan, kebutuhan, harapan, cita-cita, dan tujuan. Motivasi sendiri merupakan sesuatu yang dapat membuat seseorang melakukan ‘sesuatu’. Seperti yang diungkapkan oleg Sargent dan dikutip oleh Howard, 199, “Bahwa motivasi merupakan dampak dari interaksi seseorang dengan situasi yang dihadapinya,” (Siagian, 2004).

Uno (2007) v2

Motivasi dapat diartikan sebagai suatu dorongan internal dan eksternal dalam diri individu yang diindikasikan dengan adanya keinginan, minat, dan hasrat, dorongan juga kebutuhan; cita-cita dan harapan; serta penghargaan dan penghormatan.

American Encyclopedia

Motivasi merupakan kecenderungan (sifat pertentangan) dalam diri individu yang membangkitkan semangat dan dorongan, topangan, dan arahan dalam melakukan suatu tindakan (Malayu, 2005:143).

Baca Juga : Kata Motivasi Diri Semangat Untuk Sukses

Hamalik (1992; 173)

Motivasi merupakan perubahan energi dalam diri atau individu seseorang yang ditandai dengan munculnya perasaan dan reaksi dalam mencapai suatu tujuan.

Makmun (2004)

Motivasi merupakan suatu kekuatan, tenaga, daya, dan keadaan yang kompleks juga kesiapsediaan dalam diri seseorang untuk bergerak ke suatu tujuan tertentu baik disadari maupun tanpa disadari.

Sardiman (2007; 73)

Motivasi berasal dari kata ‘motif’ yang mana dapat diartikan sebagai penggerak aktif pada suatu keadaan tertentu, khususnya dalam suatu kebutuhan untuk mencapai tujuan yang disarakan dan mendesak.

Mulyasa (2003; 112)

Pengertian motivasi merupakan tenaga pendorong atau penarik yang menimbulkan adanya tingkah laku ke suatu tujuan tertentu. Seseorang akan bersungguh-sungguh dan memiliki niat karena suatu keinginan yang tinggi.

Mc. Donald (dalam Sadirman, 2007; 73)

Motivasi merupakan perubahan energi dalam individu yang ditandai dengan adanya ‘feeling’ atau perasaan yang didahului dengan adanya tanggapan terhadap suatu kejadian tertentu.

Baca Juga :
Cara Memotivasi Diri Sendiri Agar Semangat Belajar

Azwar (2000; 15)

Motivasi merupakan suatu rangsangan, dorongan, ataupun pembangun yang terdapat pada seseorang atau sekelompok masyarakat dalam berbuat dan bekerja secara optimal dalam melakukan sesuatu yang sudah direncanakan dalam mencapai tujuan tertentu yang sudah ditetapkan.

Victor H. Vroom

Motivasi merupakan suatu akibat dari suatu hasil yang ingin diraih atau digapai oleh suatu individu dan juga suatu perkiraan yang dilakukannya itu benar dan dapat mencapai tujuan yang diinginkannya.

Malayu (2005;143)

Motivasi berasal dari kata ‘movere’ yang berarti dorongan atau pemberian daya penggerak yang dapat memunculkan gairah dan semangat tindakan individu agar mereka dapat bekerjasama, kerja efektif, dan terintegrasi dengan segala daya upayanya dalam mencapai kepuasannya.

Weiner (1990)

Motivasi dapat didefinisikan sebagai bentuk keadaan dan kondisi internal yang dapat memunculkan seseorang untuk melakukan tindakan, mendorong untuk mencapai tujuan tertentu juga dapat membuat individu tertarik untuk melakukan suatu tindakan tertentu.

Victor H. Vroom

Motivasi merupakan suatu akibat dari suatu hasil yang ingin diraih oleh suatu individu dan suatu perkiraan yang dilakukannya dapat mengarah kepada suatu keinginannya.

Baca Juga :
Cara Menjadi Motivator Pemula Yang Handal dan Hebat

G. R. Terry (dalam Malayu, 2005: 145)

Motivasi merupakan suatu kegiatan yang ada pada diri individu yang dapat memberikan rangsangannya dalam melakukan suatu tindakan.

Edwin B Flippo

Motivasi merupakan suatu keahlian yang dapat mengarahkan suatu individu atau kelompok agar dapat melakukan suatu tindakan yang optimal, sehingga individu atau kelompok tersebut dapat mencapai tujuan yang diinginkannya.

G. R. Terry

Motivasi merupakan suatu keinginan yang ada pada diri individu yang dapat merangsangnya untuk melakukan suatu tindakan.

Robbin dan Judge

Motivasi merupakan suatu proses yang menjelaskan intensitas, ketekunan, dan arah seseorang agar dapat mencapai tujuan dan target keinginannya.

Mulyasa (2003; 112)

Motivasi merupakan tenaga pendorong atau penarik yang dapat menyebabkan timbulnya tingkah laku ke arah suatu tujuan tertentu. Seseorang akan bersungguh-sungguh karena memiliki motivasi yang tinggi. Seseorang akan belajar jika ada faktor pendorongnya yang disebut sebagai motivasi.

Morgan et al (dalam Marwansyah dan Mukaram, 2000; 151)

Motivasi merupakan kekuatan yang dapat mengendalikan dan menggerakkan individu dengan memberikan arah pada suatu perilaku dan sikap dengan dasar kecenderungan untuk menunjukan perilaku tersebut.

Edwin B. Flippo

Motivasi merupakan suatu keahlian dalam mengarahkan seseorang dan kelompok agar dapat melakukan suatu tindakan agar berhasil, sehingga individu atau kelompok tersebut dapat melakukan suatu hal dengan tujuan yang ingin digapai.

Baca Juga : Jujur Untuk Sukses – Motivasi Pilihan Hidup

Kesimpulan Pengertian Motivasi Secara Umum

Kesimpulannya, pengertian motivasi menurut para ahli mengatakan bahwa motivasi merupakan suatu dorongan untuk melakukan suatu tindakan baik positif maupun negatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here