Mengatasi Komentar Tidak Muncul di Wordpress - SPAM Akismet

Berkomentar memang wajib bagi bara blogger untuk saling mengunjungi belogger lainnya untuk saling berkenalan dan bertukar informasi. Sedihnya jika melakukan komentar di WordPress tidak muncul bahkan juga tidak dimoderasi, hal ini yang saya alami. Jika saya mengisi kolom komentar menggunakan alamat web saya saat ini maka komentar akan langsung masuk ke Spam tanpa moderasi ataupun pemberitahuan lainnya. Jika anda mengalami komentar tidak tampil saat melakukan komen di blog WordPress kemungkinan anda telah masuk Blacklist dalam kategori Blog Spam oleh Akismet.

Hal Yang Menyebabkan Komentar Tidak Muncul Di WordPress :

1. Alamat url link Blog anda telah di anggap Spam oleh Sistem Akismet

2. Dianggap Spam karena banyak pemilik blog yang pernah anda komentari memasukan anda kedalam kategori Spam

3. Penyebab pemilik Blog menganggap komentar Spam :
– Komentar terlalu pendek
– Komentar tidak sesuai dengan isi blog
– Meletakan link Aktif di komentar
– Melakukan Backlink
– Promosi dikolom komentar

4. Pemilik blog tidak sengaja melakukan Bulk Action Spam url Blog anda

Itulah beberapa penyebab mengapa blog anda tidak bisa muncul di Website WordPress terutama Sub Domain (.wordpress.com) yang pasti terinstal Plugin Akismet. Hal tersebut saya alami sendiri dan setiap kali saya melakukan komentar di Website yang menggunakan Plugin Akismet maka komentar saya langsung masuk ke Spam. Kebiasaan saya melakukan Backlink dan Promosi di blog teman saya saat menggunakan Blogspot, membuat saya saat menggunakan WordPress mengalami kesalahan.

 

Mungkin bagi kita yang mencari uang diinternet perbuatan mengcap Spam tersebut adalah hal yang sangat tidak sopan. Pasalnya mereka juga mencari uang melalui internet, jika tidak suka dengan Komentar tersebut langsung bisa dihapus. Tapi setiap orang memiliki kebijakan berbeda-beda, dan anda tidak bisa meminta orang tersebut untuk menghapus komentar anda sebelumnya yang pernah anda lakukan. Barangkali kita tidak paham dengan peraturan WordPress karena sebelumnya bukan pengguna WordPress yang memiliki kebiasaan blog walking seperti Blog lainnya. Lalu Apa yang bisa dilakukan agar blog tidak dianggap Spam oleh WordPress Akismet ?

Cara Mengatasi Komentar Tidak Muncul di WordPress :

1. Kontak Akismet untuk mengajukan WhiteList dan menjelaskan blog anda tidak SPAM. CONTACT AKISMET

Untuk yang satu ini sangat tidak saya sarankan, mereka akan meminta anda melakukan test komentar menggunakan Url link blog anda berulangkali. PERCUMA, intinya website anda akan tetap dalam BlackList sistem mereka dan merekatidak akan serta merta mengembalikan nama website anda seperti semula. Saya sendiri sudah pernah melakukan kontak kepada mereka, dan beberapa teman blog lain juga pernah melakukan hal sama. Kesimpulannya anda diminta untuk mengajukan permohonan kepada Blog yang pernah kita komentari untuk tidak memasukan Komentar kita kedalam Spam.

2. Kontak pemilik blog yang pernah anda komentari untuk Approve atau mengapus Kommentar tersebut

Cara ini cukup efetif untuk mengembalikan nama blog anda menjadi baik dimata sistem akismet dimana anda meminta untuk mengapus atau approve kepada pemilik website tersebut. Cara ini hanya bisa dilakukan jika anda mengingat dimana koentar pernah anda publikasikan dan apakah mereka setuju untuk Approve atau Delete komentar anda yang dulu. Tentunya akan sangat sulit untuk mengingat blog yang pernah anda komentari dan sangat sulit meminta mereka untuk melakukan sesuai keinginan anda.

3. Lakukan komentar baik secara berkala di WordPress berPlugin Akismet

Komentar baik akan membuat pemilik blog Approve komentar anda, tetapi kekurangan cara ini adalah blog anda tidak masuk kedalam Moderasi tetapi masuk kedalam Spam secara langsung. Tentunya hal ini jarang diketahui pemilik blog sekalipun komentar anda berkualitas. Hal tersebut malah akan menambah point spam blog anda dimata akismet yang membuat blog anda lebih di Blacklist nantinya.

4. Approve komentar anda sendiri diblog yang anda buat

Buatlah blog berkualitas dengan beberapa artikel, anda bisa membuat blog gratis di wordpress dengan akun dan email yang berbeda dari blog anda di Blacklist. Lakukan komentar secara bertahap pada blog tersebut, beri jeda 1-2 hari untuk melakukan komentar masing-masing cukup 1 komentar dalam 1 artikel. Approve komentar anda yang masuk kedalam Spam di WordPress. Buatlah beberapa Blog yang banyak sehingga nilai komentar anda menjadi baik dimata Robot Sistem Akismet.

Saya sendiri tidak menggunakan Plugin Akismet di WordPress Website yang saya kelola. Selain memperberat kerja server, saya juga lebih suka membaca dan memilah komen satu-persatu untuk saya pilih untuk Publikasikan, Edit atau Delete. Komentar yang sedikit menyimpang bisa saya edit, sedangkan komentar yang saya anggap tidak pantas bisa saya Delete. Semua itu tergantung kebijakan pemilik Website, dimana pemikiran setiap orang berbeda-beda. Semoga artikel ini bisa membuat Blog anda kembali aktif untuk bisa normal berkomentar kembali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here