Kriteria Pemimpin Yang Baik Dan Benar

Pemimpin Merupakan sesorang yang akan memepengaruhi atau memberi sebuah contoh kepada pengikutnya dalam upaya mencapai sebuah tujuan dalam organisasi ataupun kelompok. Untuk memepelajari agar menjadi seorang pemimpin, anda harus mempelajarinya dengan melakukannya dalam kerja, dalam artian anda harus menjadi pemimpin bukan hanya katanya saja, tapi ada kerja keras dan kerja nyata.


Menjadi pemimpin harus bisa mencontohkan yang baik dan bisa mengurus pengikutnya agar bisa menjadi panutan bagi calon calon penerus sebuah kepemimpnan. Setiap organisasi ataupun kelompok pasti memerlukan kerja sama antar manusia dan tahu bahwa permasalahan setiap manusia adalah seorang pemimpin. Contohnya adalah seorang pemimpin negara khususnya Indonesia, presiden harus bisa menjadi contoh baik kepada warganya dan bisa memajukan kesejahteraan rakyatnya mulai dari ekonomi, sosail dan budaya.

Untuk itu, untuk menjadi seorang pemimpin dari yang besar ataupun yang kecil, harus memenuhi beberapa kriteria kepemimpinan yang baik dan benar agar bisa membimbing warganya kedalam kesejahteraan.

Kriteria Pemimpin Yang Baik Dan Benar :

1. Terjun Lapangan

Seorang pemimpin yang baik bukan hanya menyuruh anak buahnya saja untuk melakukan suatu pekerjaan, tetapi pemimpin yang baik harus bisa terjun langsung ke lapangan untuk menapatkan hasil yang lebih memuaskan. Selain itu, juga dapat menjadi contoh yang baik bagi warganya agar jika sewaktu waktu warganya menjadi seorang pemimpin bisa menjadi contoh juga bagi pengikutnya, begitupun seterusnya. Hal ini sangat baik kedepannya dan pemimpin yang sering terjun ke lapangan menandakan bahwa ia adalah seorang pekerja keras. Seorang pemimpin yang bisa terjun ke lapangan secara langsung akan mendapatkan respect (Rasa Hormat) dari karyawaanya dan akan dinilai lebih baik oleh semua yang bersangkutan.

2. Hubungan Yang Baik

Seorang pemimpn harus memiliki kriteria tersebut untuk menghasilkan kerja yang optimal. Pemimpin harus memiliki hubungan yang baik terhadap karyawannya agar ia bisa membuat nyaman dan aman saat menjadi anak buahnya (Bawahan). Perlu di ingat, bahawa seorang bawahan atau karyawan memiliki kepribadian yang unik dan permasalahan tertentu. Menjadi seorang pemimpin harus benar benar berbaur dengan karyawannya, Anda bisa mengenalnya secara personal sehingga karyawan tidak akan merasa canggung sehingga seorang pemimpin bisa melakukan coaching yang tepat.

3. Menumbuhkan Motivasi

Pemimpin yang baik harus bisa menjadi acuan bagi bawahannya. Di sisi lain, seorang pemimpin juga harus menghargai kerja keras seorang karyawan dengan memberikan penghargaan atapun dengan yang lainnya agar bisa menumbuhkan motivasi dirinya untuk terus berkembang menjadi lebih baik. Adapun jika ada karyawan yang terlambat berikanlah kata kata pujian tanpa menyindirnya sedikitpun. Itu akan membuat karyawan tersebut menjadi lebih baik lagi dan termotivasi untuk tidak mengulangi kesalahannya.

4. Menjadi Inspirasi

Pemimpin yang baik harus menjadi seorang yang bisa ditiru oleh para karyawannya. Berbagi penglaman kepada bawahan adalah cara terbaik bagi anda untuk menjadi inspirasi bagi karyawan maupun semua orang. Pengalaman yang anda punya bisa menjadi sebuah inspirasi bagi bawahan. Anda bisa menceritakan pertam kali anda bekerja atapun hal apapun yang anda kerjakan dari nol hingga menjadi seorang pemimpin. Hal itu akan sangat bermanfaat dan menjadi tolak ukur bagi para karyawannya.

5. Komunikasi Yang Baik

Pemimin yang baik dan benar merupakan seorang yang bisa berkomunikasi dengan perorangan ataupun kelompok secar jelas, tegas, dan dimengerti. Setiap perkataan seorang pemimpin akan sangat berpengaruh kedepannya karena setiap ucapan yang dikeluarkan akan selalu dicermati oleh bawahannya. Bekali anak buah dengan penilaian terhadap hasil kerjanya sampai saat ini, apakah masih kurang ataupun sudah cukup memuaskan. Bicarakan kepada karyawan Anda apakah setuju jika mengeluarkan kebijakan yang baru atau tidak dan Musyawarah itu akan membuat anda menjadi seorang pemimpin yang mudah berbaur dengan bawahan.

6. Bersikap Positif

Menjadi seorang pemimpin harus sealu bersikap postif terutama kepada anak buahnya. Setiap orang selalu tidak luput dari keslahan, jadi ika ada karyawan yang melakukan kesalahan baik itu kecil maupun besar untuk tidak memarahinya ataupun mengomelinya secara berlebihan. Bicarakan baik baik apa yang menyebabkan kesalahan tersebut dan selesaikan persalahan tersebut secara tuntas. Tidak menutuk kemungkinan juga seorang pemimpin melakukan sebuah kesalahan. Sebagai pemimpin yang baik dan benar harus mengakui kesalahannya kepada pihak tertentu dan pastinya memperbaiki kesalahan tersebut dan tidak akan mengulanginya kembali.

7. Menyelesaikan Masalah

Seorang pemimpin diharuskan bisa menyelesaikan sebuah permasalahan yang dilakukan oleh pihak pihak yang terkait maupun drinya sendiri terhadap orang lain. Pemimpin harus bisa membuat sebuah permasalahan tersebut selesai secara tuntas tanpa adanya masalah yang berkepanjangan. Itu dimaksudkan agar antara pemimpin dengan akryawan bisa berjalan dengan baik tanpa adanya halangan sedikitpun.

Menjadi seorang pemimpin itu tidaklah mudah bahkan harus mempraktekan kriteria kriteria yang saya sudah ulas di atas. Sekian artikel tentang kriteria pemimpin yang baik dan benar dari saya. Share ke teman anda dan semoga bermanfaat bagi kita semua terutama yang ingin menjadi seorang pemimpin. Sekian dan terima kasih telah berkunjung


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here