Komputer Tidak Nyala Saat ATX 4 PIN Terhubung MotherBoard

Sedikit berbagi pengalaman saya , suatu malam saat saya ingin menyalakan Komputer tiba-tiba PC saya mati setelah hidup beberapa detik, padahal belum sampai masuk ke BIOS. Pada awalnya saya mencurigai Power Supply saya yang memiliki daya tidak cukup kuat. Kemudian saya gunakan Power Supply lain yang masih berfungsi baik . Alahasil ternyata masih sama, PC mati setelah beberapa detik kemudian  (setelah beberapa detik dari memencet Powernya) .


Ciri-Ciri Kerusakan Pada MoBo PC/Komputer :

1. HardDisk atau VGA Card sering tidak terdeteksi

2. Indikator dan Kipas Nyala tapi tidak dapat Masuk BIOS atau tidak bunyi Beep

Pada saat saya mencopot satu persatu kabel Komponen pada Komputer ternyata PC Nyala ( Kipas dan LED ) tetapi tidak dapat masuk bios (bunyi Beep) saat Daya ATX 4 Pin saya Lepas dari Mobo .

Penyelesaian :

1. Service

2. Ganti Mobo

3. Kalau anda seorang teknisi , lihat apakah ada koponen yang putus , kapasitor mengembung,

dalam beberapa kasus ada yang mengatakan kerusakan Motherboard pada Transistor VRM atau mungkin juga Procienya Sort .

dari pengalaman saya menganti Mobo baru AMD 2 habis RP. 300.000 (+Processor) .

Setelah beberapa bulan kemudian dengan mobo sceond yang saya beli, power supply saya bermasalah karena terlalu banyak perangkat yang saya colokkan, sperti kipas dll. Awalnya saya membiarkan saja power supply dalam keadaan down, hari demi hari PC saya mulai blank dan suka hang saat baru pertama dijalankan. Lama kelamaan hang muncul di saat PC sedang melakukan booting posisi di BIOS. Tapi setelah direstar bisa lagi dan beberapa lama kemudian PC sudah tidak mampu lagi untuk masuk kedalam BIOS. hanya kipas processor dan led yang menyala. Pada akhirnya saya beli yang baru, dan tentunya lancar jaya.

Demikian sedikit pengalaman yang saya miliki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here