Home artikel Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku KonsumenKonsumen adalah setiap orang yang memakai barang atau jasa yang tersedia dalam sebuah masyarakat, baik bagi kepentingan orang banyak seperti diri sendiri, keluarga, kerabat, orang lain, dan mahluk hidup yang lainnya dan tidak bisa / tidak untuk di perjual belikan.

Dimana ada konsumen, disitu ada pemasar. Pemasar harus benar benar mengtahui beberapa faktor yang mempengaruhi perlaku konsumennya karena seorang pemasar harus bisa mengatur strategi yang baik agar konsumen tertarik dengan barang yang di perjual belikan, salah satunya mencermati apa yang di sukai konsumen dan yang terpenting perilaku konsumen itu sendiri.

Baca Juga : Cara Usaha Kecil Kecilan Di Desa

Tujuan dari pemasaran yaitu untuk memenuhi kebutuhan seseorang yaitu pelanggan secara lebih baik dari pada pesaing lain. Jadi, seorang konsumen harus diperlakukan lebih baik dari pada pesaing anda agar konsumen lebih memilih anda dibanding orang lain.

Perilaku konsumen merupakan sebuah pembelajaran tentang perorangan, kelmpok, organisasi dan lain sebagainya dalam sebuah proses dalam menyeleksi, menggunakan dan membeli sebuah barang ataupun sebuah jasa ataupun gagasan agar memuaskan kebutuhan mereka.

Sebelum mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, ada baiknya anda tahu beberapa perilaku konsumen secara umum.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang

Perilaku Konsumen Rasional

Suatu konsumsi bisa dikatakan rasional jika mencakup beberapa hal dibawah ini.

  • Barang tersebut memang sangat sangat dibutuhkan oleh konsumen, konsumen tersebut membeli barang bukan karena tujuan lain, melainkan ada suatu keperluan yang perlu dibeli.
  • Mutu barang terjamin, setiap barang pastinya memiliki kualitas yang bagus dan ada yang tidak, perilaku konsumen dikatakan rasional jika barang tersebut sudah terjamin kemutuannya oleh pihak tertentu.
  • Harga sesuai kemampuan konsumen, setiap konsumen harus membeli sebuah barang sesuai ekonomi yang ada, tidak meksakan diri sendir untuk membeli suatu produk.
  • Barang tersebut bisa memberikan sebuah kegunaan bagi konsumen secara optimal, konsumen membeli sebuah produk dan tidak memerlukan barang yang lain dan barang tersebut bisa digunakan seoptimal mugkin.

Baca Juga : Cara Jualan Online Di Facebook Dengan Sukses

Perilaku Konsumen Irasional

Konsumen irasional adalah seorang konsumen yang mebeli sebuah barang tanpa memperdulikan kegunaannya trlebih dahulu.mari kita lihat contoh perilaku konsuen yang irasional

  • Gengsi, seorang yang gengsi akan membeli sebuah produk yang mahal dengan cara apapun tanpa mementingkan kegunannya terlebih dahulu tanpa mementingkan perekonomiannya.
  • Diskon yang menggoda, setiap konsumen akan membeli suatu produk yang sedang ada potongan harga tanpa mementingkan kegunaannya.
  • Memiliki merek yang sudah dikenal banyak orang, seorang konsumen akan membeli barang yang memiliki merek ternama sebagai ajang pamer kepada keluarga, kerbat dan orang di sekitarnya.
  • Tertarik terhadap iklan baik di media cetak maupun elektronik, seorang konsumen akan membeli suatu produk karena tertarik dengan barang yang ada di iklan media elektronik tanpa tau kegunannya.

Baca Juga : Jenis-Jenis Pekerjaan Beserta Gambarnya

Dalam dunia pemasaran, pemasar harus benar benar memahami teori perilaku konsumen. Karena faktanya, itu sangat penting bagi konsumen dan konsumen masa depan dengan mulai menganalisa pasar dengan perencanaan yang matang. Untuk itu mari kita simak beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen.

1. Faktor Sosial

Peran dari status sosial seseorang akan menunjukan jabatan ataupun kedudukan orang tersebut dalam sebuah kelompok sosial. Faktor sosial meliputi kelompok acuan, peran, keluarga, maupun status sosial. Yang dimaksud kelompok acuan adalah semua kelompok yang mempunyai pengarush secar tidak angsung atupun langsung terhadap sikap dan perilaku orang tertentu.

2. Faktor budaya

Selain faktor sosial, ada juga faktor budaya sangat penting bagi perilaku konsumen. Karena budaya merupakan sebuah penentu paling dasar. Masing masing budaya terdiri dari beberapa sub budaya yang lebih memperlihatkan sosaialisasi khusus kepada anggotanya. Sub budaya mencakup beberapa hal seperti Agama, Suku dan Ras bagi anggota anggotanya.

3. Faktor pribadi

Keputusan membeli atau tidaknya suatu barang atau produk akan sangat berpengaruh dan di pengaruhi oleh faktor pribadi. Karakteristik meliputi beberapa aspek seperti pekerjaan, ekonomi, kepribadian dan konsep diri sendiri, juga gaya hidup sang pembeli.

4. Faktor psikologi

Awal mula seseorang untuk memahami perilaku seorang konsumen adalah adanya rangsangan dari luar yang meliputi teknologo, politik, ekonomi dan budaya. Tugas seorang pemasar adalah mencermati apa yang terjadi dalam sebuah kesadaran suatu konsumen antara keputusan pembelian akhir dan rangsangan pembelian dari luar.

Dari pernyataan di atas, kita tahu bahawa perilaku konsumen akan dipengaruhi oleh beberapa faktor mulai dari

  • Faktor sosial
  • Faktor budaya
  • Faktor pribadi
  • Dan, Faktor psikologi

Semua itu akan sangt berpengaruh terhadap perilaku konsumen. Terutama perilaku linkungan yang paling berpengaruh sebagai suatu dasar utama adalah memahami suatu pengaruh lingkungan yang membentuk atupun menghambat suatu individu dalam mengambil sebuah keputusan berkonsumsi mereka.

Baca Juga : Membuat Website Gratis di HP Android Terbaru

Contoh Perilaku Konsumen

Di sekitar Masjid Agung tentunya akan sangat efektif untuk berjualan peralatan ibadah seperti Sajadah, Baju gamis, Peci dll. Tentunya konsumen akan lebih tertarik untuk membeli saat sedang mengunjungi masjid agung.

Sekian dulu artikel tentang beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen di atas, semoga bermanfaat dan jang lupa untuk di share ke media sosial favorit anda seperti facbook twitter google plus dan yang lain sebagainya. Mohon maaf jika ada kata kata yang kurang berkenan di hati anda saya mohon maaf yang sebesar besarnya. Sekian dan terima kasih telah berkunjung.

No ratings yet.

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here