Efek Samping Air Kelapa Yang Wajib Diketahui

Efek Samping Air Kelapa Yang Wajib Diketahui – Sekarang ini untuk menikmati segarnya air kelapa mudah tidak harus memetik langsung dari pohonnya dan repot untuk membuka batok kelapa untuk meminum air kelapa yang manis. Air kelapa pada saat ini sudah banyak tersedia di toko, restoran, minimarket dan lain-lain. Hal tersebut membuat air kelapa tidak seistimewa dulu yang harus susah untuk mendapatkannya, dengan merek dan varietas baru bermunculan secara teratur masyarakat sangat mudah untuk meminum air kelapa dimana dan kapan saja.


Baca Juga : Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan Tubuh

Air kelapa murni pada dasarnya mengandung elektrolit yang baik bagi tubuh seperti potassium dan magnesium. Minum satu atau dua porsi air kelapa setiap hari tidak berbahaya, kecuali jika Anda alergi atau memiliki penyakit tertentu, namun Anda harus tetap memperhatikan konsumsi kadar kalori, gula dan sodium bagi tubuh anda. Minum air kelapa dalam jumlah besar setelah berkeringat berlebihan, dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit yang bisa berbahaya bagi kesehatan. Jadi sebaiknya mengobrol dengan ahli diet atau dokter ahli yang anda percaya agar tetap aman untuk mengkonsumsi air kelapa. Berikut ini adalah beberapa fakta mengenai efek samping dan kekurangan dari meminum air kelapa.

Efek Samping Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh Manusia :


1. Bukan Minuman Ideal Bagi Olahragawan (Atlet)

Olahraga Jalan Kaki Yang Benar Untuk DietJika Anda suka meminum air kelapa untuk rehidrasi setelah melakukan suatu pekerjaan yang berkringat, maka sebaiknya anda minum air putih saja. Karena jumlah air putih mengandung natrium yang lebih baik dari yang ada pada air kelapa yang memiliki efek samping kurang baik jika terlalu banyak dikonsumsi. Natrium pada Air Putih membantu menjaga keseimbangan cairan pada tubuh yang lebih baik bagi tubuh manusia dan tidak tergantikan dari jenis minuman lainya.

Selain itu, bila dibandingkan dengan minuman energi olah raga tertentu, air kelapa rendah kandungan karbohidrat tapi sepuluh kali lebih tinggi kandungan potassium. Air kelapa hanya mengandung sepersepuluh sodium bila dibandingkan dengan minuman olah raga lainnya.

Baca Juga : Minum Air Dingin Membuat Gemuk Bikin Perut Buncit


2. Meningkatkan Kalori Dalam Tubuh

Pisang Untuk Diet dan Kecantikan TubuhMeningkatnya Kalori dalam tubuh tentunya menjadi sesuatu yang sangat tidak diinginkan, bukan? Sementara tujuan anda bermaksud berolahraga agar berkeringat untuk mengurangi dan membakar kalori secara alami. Tentunya tidak ingin melakukan sesuatu yang berlawanan dengan usaha anda dalam berolahraga. sangat percuma jika anda membakar kalori dan mengisinya kembali. Fakta air kelapa tidak mengandung gula sebanyak minuman olah raga dan jus buah, meski mengandung kalori juga sedikit. Sedikitnya 11 ons air kelapa bisa mengandung hingga 60 kalori.

Sekarang, ‘kalori’ akan menjadi istilah yang tidak berbahaya hanya jika kadarnya rendah, bukan? Inilah alasan mengapa tidak disarankan mengkonsumsi air kelapa secara berlebihan dan konsumsi air kelapa secukupnya. Air kelapa Alami mungkin masih aman untuk dikonsumsi siapa saja mengingat kadar gula yang rendah . Tapi biasanya air kelapa pabrik atau kemasan sering mengandung banyak kalori tambahan. Hal tersebut biasanya dikarenakan terdapat tambahan rasa atau produk yang tentunya akan menambah kadar sesuai bahan yang dimasukan. Sehingga meminum air kelapa terutama produk buatan parbrik tidak boleh banyak dan rutin, minum hanya sekali dalam beberapa hari saja tergantung dari produk air kelapa yang anda beli.

Baca Juga : Cara Diet Alami Dan Cepat Tanpa Olahraga


3. Tidak Baik Bagi Orang Rentan Terhadap Alergi

Mengatasi gatal karena gigitan nyamukBeberapa orang memang memiliki alergi. Seseorang mungkin alergi terhadap makanan dan bahan tertentu yang seharusnya menahan diri untuk tidak mengonsumsinya. Demikian pula, air kelapa bisa menyebabkan reaksi alergi pada orang-orang tertentu yang alergi terhadapnya.

Kelapa pada dasarnya adalah pohon kacang. Oleh karena itu orang-orang tertentu yang mengkonsumsi air kelapa mungkin rentan terhadap alergi kacang pohon serta bentuk alergi lainnya. Dalam kasus yang lebih parah seorang yang alergi tersebut harus dijauhkan air kelapa.



4. Kandungan Diuretik Alami

Kandungan Yang Menyebabkan DiuretikIni adalah efek samping lain saat seseorang mengkonsumsi terlalu banyak air kelapa. Air kelapa memiliki sifat diuretik, maksudnya terlalu banyak konsumsi menyebabkan naiknya laju urinasi yang mengharuskan seseorang rajin untuk mengunjungi toilet beberapa kali. Meskipun sedikit air kelapa memiliki sifat hidrasi, terlalu banyak konsumsinya yang tidak sehat. Pada dasarnya Diuretik adalah obat yang dapat menambah kecepatan pembentukan urin sehingga air kelapa juga bisa dijadikan obat bagi kasus tertentu.


5. Penyebab Ketidakseimbangan Elektrolit

Muka pucat dan lingkaran hitam di sekitar mataKandungan kalium yang tinggi dari air kelapa adalah salah satu alasannya dainjurkan untuk meminumnya. Tapi juga air kelapa bisa berakibat fatal jika dikonsumsi secara berlebihan.

Dalam kasus tertentu, seorang pria menghabiskan seharian bermain tenis di cuaca 90 derajat Fahrenheit. Ia kebetulan mengkonsumsi air kelapa seberat 88 ons, yang mengakibatkan kondisi yang disebut hiperkalemia, yang akhirnya menimbulkan kondisi serius. Hiperkalemia menyebabkan badan terasa lelah, otot terasa lemas dan dalam beberapa menit korban mungkin kehilangan kesadarannya (Pingsan).

Baca Juga : Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan Tubuh


6. Efek Pencahar Alami Bagi Tubuh

Masalah PencernaanTerlalu banyak konsumsi air kelapa bisa berbahaya. Minum terlalu banyak bisa menimbulkan efek pencahar pada sistem pencernaan manusia. Karena air kelapa adalah pencahar alami, mungkin tidak cocok untuk beberapa orang yang memiliki masalah dengan buang air besar. Laksatif atau Obat pencahar adalah obat yang menginduksi gerakan usus yang berarti melunakkan tinja sehingga akan memudahkan proses buang air besar.


7. Meningkatkan Kadar Gula Darah Tubuh

Apakah Penderita Diabetes Boleh Minum Air Kelapa?Air kelapa mungkin tidak termasuk minuman bergula tapi juga tetap mengandung karbohidrat dan kalori. Orang dengan gula darah tinggi sebaiknya tidak meminumnya setiap hari. Karena Air Kelapa bukan pilihan terbaik sebagai minuman sehari-hari. Terutama pada Air Kelapa kemasan Pabrik yang mungkin memiliki kadar tambahan dalam varian rasa tertentu.


8. Menurunkan Tekanan Darah Terlalu Banyak

Tekanan Darah TinggiAir kelapa dapat menurunkan tekanan darah Anda, dan jika Anda sudah mengambil obat untuk tekanan darah tinggi, ini mungkin menyebabkan tekanan darah Anda pergi terlalu rendah.


9. Harus Dikonsumsi Tepat Setelah Membuka Kemasan

Harus Dikonsumsi Tepat Setelah Membuka KemasanAir kelapa harus dikonsumsi segar, Idealnya harus dikonsumsi tepat setelah membuka kemasan Air Kelapa produksi pabrik. Jika dibiarkan terbuka untuk beberapa lama, maka air kelapa akan kehilangan semua nutrisi bermanfaatnya. Jika kehilangan nutrisi, maka sudah tidak lagi bisa dianggap sebagai minuman sehat.


Air kelapa adalah minuman yang cukup bermanfaat jika diminum pada kondisi yang tepat. Mungkin ada banyak manfaat yang hampir tidak ada dalam minuman lain. Dan berbicara dalam hal kesehatan, mungkin itu minuman yang paling disukai banyak orang. Sebagaimana Manfaat Air Kelapa yang jarang diketahui oleh masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here