Home Arti Ciri Ciri Introvert – Sang Penikmat Sepi

Ciri Ciri Introvert – Sang Penikmat Sepi

Ciri Ciri Introvert - Sang Penikmat Sepi

Seperti yang sudah sering didefinisikan Introvert adalah sebuah istilah yang digunakan untuk seseorang yang cenderung suka menyendiri dan menganalisa daripada berinteraksi secara langsung. Introvert memiliki keunikan tersendiri yang membuat orang lain penasaran dengan seseorang yang memiliki sifat Introvert. Banyak yang mengatakan Aneh, Unik, Misterius, Kuper, memang secara langsung anda tidak dapat menyebut seseorang Introvert atau tidak. Karena perlu diketahui orang yang suka menyendiri buka berarti Introvert.

Jika anda ingin tau seperti apa introvert itu anda dapat melihat beberapa ciri-ciri introvert sebenarnya

1. Pemilih dalam mencari Teman

Bagi seorang introvert mungkin akan terlihat hanya memiliki segelintir teman yang dapat dihitung dengan jari, bagi introvert sendiri Teman adalah sahabat dan Kenalan adalah Teman. Seseorang yang dijadikan teman oleh seorang introvert berarti orang tersebut memiliki suatu keistimewaan dalam pertemanan, terutama setia dan saling percaya. Introvert lebih memilih untuk ditemani daripada menemani, tapi tidak jarang introvert akan sangat setia menemani temannya sekalipun yang dihadapi temannya adalah masalah yang cukup besar.

2. Berbicara secukupnya

Seorang introvert akan lebih nyaman jika berbicara Face To Face dengan orang lain hanya empat mata. Untuk berbicara dengan pendengar yang cukup banyak Introvert akan berpikir 3 kali sebelum dia berbicara. Lebih cenderung diam dalam keramaian dan suka mengatakan ide yang sangat baik hanya dengan orang terdekatnya.

3. Sangat peka terhadap situasi lingkungan

Bagi seorang introvert mungkin dia akan terlihat tidak memperhatikan apa yang ada disekitarnya tetapi sebenarnya dia sedang menganalisa situasi lingkungan untuk menentukan suatu tindakan yang dipikirnya sangat baik dan sangat tepat.

4. Ketenangan adalah Kebahagiaannya

Buka berarti seorang yang sendiri itu Introvert, seorang introvert tidak juga betah jika harus selalu sindiri baginya yang utama adalah ketenangan dimana dia dapat menghabiskan waktu untuk bahagia dengan caranya. Seperti di Perpustakaan yang tenang dan tidak terganggu dengan orang lain, tempat Ibadah, tempat wisata yang tenang dll. Perlu diketahui sifat lawan Introvert yaitu Extrovert dia akan gelisah resah dan tidak nyaman jika tidak ada suasana yang meriah dan seru. Jika si Dia suka dengan ketenangan bisa jadi dia seorang introvert.

5. Bijak dalam mengambil keputusan

Penganalisa dan tidak tergesa-gesa untuk menentukan sesuatu membuat Introvert memiliki jiwa yang bijak dalam mengambil keputusan. Dari informasi yang didapatnya dan pertimbangan yang cukup matang introvert dapat membuat keputusan yang lebih baik dari keputusan lainnya.

6. Intropeksi sebelum menilai orang lain

Menilai orang lain buruk atau baik sudah biasa dilakukan kebanyakan orang hanya karena melihat perbuatan sekilas orang lain melakukan suatu tindakan tanpa mempedulikan latar belakan alasan orang tersebut bertindak seperti itu. Bagi seorang Introvert sendiri dia tidak akan langsung menyalahkan orang lain begitu saja, dia juga berpikir apakah dia lebih baik dari orang tersebut dan bagaimana jika dia adalah orang tersebut (Empati). Introvert biasanya akan mengungkapkan pendapat bijak daripada menyalahkan orang lain begitu saja. Seorang Introvert juga sering menjadikan pembelajaran pengalaman orang lain untuk dirinya sendiri ataupun sebagai nasehat untuk orang lain.

Itulah beberapa ciri-ciri yang dapat menandakan seseorang memiliki kepribadian Introvert. Untuk sebagian orang mungkin bisa memiliki keunikan tersendiri yang merupakan anugrah dari kehidupan ini. Yang terpenting dari semua sifat adalah mau memperbaiki menjadi lebih baik sesuai dengan tempat dan suasananya.

No ratings yet.

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here