Cara Merawat HP Android Agar Tidak Lemot

Cara Merawat HP Android Agar Tidak Lemot – Cara merawat smartphone android agar awet dan tidak lemot sebenarnya cukup mudah dilakukan. Asalkan kita punya niat untuk mengetahui dan membaca artikel ini. perangkat seluler android berbeda dengan perangkat seluler biasa. Karena smartphone android lebih dikenal dengan fiturnya yang banyak dan layarnya yang lebar juga dengan operasi layar sentuh. Namun, bagaimana kalau layar smartphone android kita tiba-tiba rusak alias tidak sensitif saat disentuh? Apalagi kalau kita sering menggunakan banyak fitur dalam waktu yang sama, tentunya hal ini memerlukan kinerja android kita untuk bekerja lebih ekstra lagi. Padahal hal ini membuat hp kita cepat ngedrop alias baterai cepat habis. Mengingat kita ingin agar hp kita bisa awet dan tetap terjaga kualitasnya.


Seiring berkembangnya jaman, semakin canggih pula alat elektronik yang kita miliki, salah satunya adalah smartphone android, di mana ponsel tersebut merupakan ponsel pintar dan dapat bekerja sesuai apa yang kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi, kini banyak yang beredar smartphone android denga nkecanggihannya dan harganya yang terbilang tidak mahal. Namun, masih banyak pengguna smartphone android yang masih belum mengetahui bagaimana cara menjaga smartphone mereka agar tetap awet dan tidak lemot.

Cara merawat smartphone android agar awet dan tidak lemot sangatlah mudah dilakukan. Karena ada banyak cara yang bisa kita lakukan agar smartphone android kita bisa awet dan tidak lemot. Dengan begitu, kita tak perlu membawa hp kita ke tukang service hp atau bahkan menjualnya dan mengganti yang baru. Ini adalah keborosan!

Langsung saja kita bahas bagaimana cara merawat smartphone android agar awet dan tidak lemot.

Cara Merawat HP Android Agar Tidak Lemot :

Merawat Sector Body Smartphone

Merawat Sector Body SmartphoneSector body merupakan bagian tubuh smartphone yang mana kita bisa menjaga kemulusannya agar tetap terlihat baru terus. Kita bisa menggunakan pelindung body smartphone dengan hardcase atau softcase untuk melindunginya. Sedangkan untuk layar smartphone agar terhindar dari goresan-goresan halus yang tidak terlihat secara kasat mata, kita perlu menggunakan screen protector. Inilah cara pertama menjaga smartphone android kita agar tetap awet dan mulus.

Instal Aplikasi

Instal AplikasiKebanyakan orang yang membeli hp baru, mereka langsung download banyak aplikasi. Padahal, mereka masih belum tahu apakah aplikasi-aplikasi tersebut berguna atau tidak untuk mereka. Jadi, untuk menjaga agar smartphone android kita tetap awet dan tidak lemot, kita bisa menginstal aplikasi secukupnya dan seperlunya saja.

Menjaga Layar HP Android

Menjaga Layar HP AndroidKita perlu menjaga layar hp android kita agar tetap awet dan terlihat mulus, yaitu salah satunya dengan menjaga layar hp agar tidak tergores sedikit pun. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Sejak pertama kali membeli HP Android, sebaiknya langsung pasangkan layar smartphone dengan menggunakan pelindung layar atau screen guard. Dengan begitu, layar hp bisa terjaga dari goresan halus dan minyak atau air;
  2. Ketika menyentuh layar, cukup menggunakan jari, jangan menggunakan kuku jari yang bisa menyebabkan goresan halus pada layar android;
  3. Tangan haruslah bersih dan kering ketika menyentuh layar hp kita;
  4. Jangan terlalu menenak atau mengetuk layar smartphone kita. Karena layar HP sangatlah sensitif;
  5. Sebaiknya, jangan menyimpan atau meletakan hp android di saku celana kita, apalagi celana jeans yang cenderung memiliki saku yang sempit. Hal ini membuat layar hp cepat nge-lag atau nge-hang;
  6. Jauhkan layar hp android dari sinat matahari langsung yang dapat menurunkan kualitas layar hp Anda lama-kelamaan;
  7. Rajinlah membersihkan layar ponsel menggunakan tisu halus untuk membersihkan debu dan dan kotoran kecil yang menempel pada bagian layar HP;
  8. Terakhir, hindarkan hp android dengan benda-benda yang terdapat magnetnya seperti televisi, kulkas, laptop, dan lain sebagainya.

Lakukan langkah-langkah tersebut setiap hari dan selamanya. Jangan melakukan hanya di awalnya saja, karena kewaten hp bukan indahnya di awal saja.

Merawat Software

Merawat SoftwareKita juga bisa merawat hp android kita agar tetap awet dan tidak lemot dengan merawat pada bagian software-nya. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Memperhatikan spesfikasi dan kapasitas RAM yang terdapat dalam smartphone;
  2. Install aplikasi secukupnya dan seperlunya;
  3. Hati-hati dalam penginstallan aplikasi, karena aplikas terpercaya hanya ada di Google Play Store saja, jangan yang lain;
  4. Install aplikasi antivirus yang berkualitas dan benar-benar menjaga.

Multitasking

Multitasking AndroidKebanyakan pengguna android tidak bisa menjaga keawetan smartphone-nya karena sering menggunakan banyak aplikasi dalam waktu yang sama. Atau istilah sederhananya adalah multitasking. Memang smartphone bisa melakukan operasi multitasking, namun secanggih alat tetap saja ada batasannya. Jika sering membuka aplikasi dalam waktu yang sama, maka bisa-bisa hp akan cepat panas dan menyebabkan hp android menjadi cepat lemot.

Itulah berbagai cara yang bisa anda terapkan untuk merawat hp android agar tetap awet dan tidak lemot.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here