Cara Menjadi Orang Sabar dan Ikhlas

Cara Menjadi Orang Sabar dan Ikhlas, Allah menyukai orang – orang yang sabar dan selalu bertawakal kepadanya. Setiap cobaan yang diberikan oleh Allah kepada hambanya pasti tidak melebihi kemampuan hambanya. Maka dari itu bersabar terus sampai Allah memberikan jalan dengan cobaan yang Allah berikan.

Bukanlah kesabaran jika masih ada batasnya, itu adalah hakekat sabar. Banyak anak jaman sekarang suka bilang “sabar itu ada batasnya” dan mereka merasa bahwa mereka telah melakukan kesabaran yang padahal jika direnungkan kesabaran mereka belum ada apa apanya.

Seseorang yang sabar biasanya memiliki otak yang lebih cerdas, karena apa ? Karena orang sabar mampu menjaga emosional tetap stabil dan bisa dikendalikan dengan akal pikiran (otak menjadi bekerja).

Cara Menjadi Orang Sabar dan Ikhlas

Selain sabar, orang juga harus bisa ikhlas dalam segala apa yang diterimanya. Ikhlas akan ujian yang diberikan Allah maupun ikhlas dalam memberikan sesuatu kepada orang lain. Ikhlas berarti bisa menerima dan juga melupakan (melupakan kebaikan dia kepada orang lain).

Berikut adalah cara jadi orang sabar dan ikhlas

  1. Selalu berfikir positif kepada Allah

Ketika mendapat ujian dari Allah, jangan berprasangka buruk kepada Allah karena Allah pasti memiliki rencana yang sangat baik untuk kita. Sebagai contoh ketika kamu gagal pergi ke suatu tempat karena hujan, janganlah kamu menyalahkan hujan apalagi sampai menyalahkan Allah. Bisa saja ketika kamu jadi pergi akan terjadi musibah. Selalu khusduzon kepada Allah ya.

  1. Melupakan kebaikan diri kepada orang lain

Janganlah mengungkit – ungkit apa yang pernah kamu berikan kepada orang lain. Lupakan kebaikan mu kepada orang lain agar bisa menjadi manusia yang ikhlas. Sebaliknya, ingatlah keburukanmu kepada orang lain agar kamu tidak mengulangnya lagi.

  1. Selalu mengingat Allah

Dalam hidup pastinya akan selalu ada ujian kesabaran. Terkadang emosi mudah muncul dan saat itulah ingat Allah dengan mengucap istighfar, tasbih dan ucapan yang bisa mengingatkan Allah. Selalu mengingat Allah akan membuat kita senantiasa bersabar dan bisa dijauhkan dari keburukan.

Semoga ketiga cara diatas bisa memberikan sedikit wawasan kepada kita agar bisa menjadi manusia yang selalu bersabar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here