Cara Memotivasi Diri Sendiri Agar Semangat Belajar

Belajar terkadang menjadi membosankan untuk sebagian orang, terutama belajar dengan apa yang tidak dia sukai dan tidak diminati. Hal ini diperparah dengan Tujuan dari mempelajari hal tersebut, terkadang banyak pelajaran sekolah saat ini tidak akan digunakan untuk terjun dalam kehidupan maupun dunia kerja. Itu membuat siswa dan siswi sekolah kurang bergairah dalam mempelajari sesuatu yang sangat jauh dari tujuan mereka, serta guru juga tidak memberikan maksud dari tujuan mereka mempelajari hal itu.

Sudah menjadi prosedur dalam sekolah di Indonesia, mau tidak mau murid harus tetap mempelajari hal tersebut. Lalu bagaimana caranya agar bisa semangat dalam belajar sehingga bisa mendapatkan nilai baik dalam tes dan ulangan ?! nah pertanyaan tersebut akan kita bahas dan carikan solusi supaya seorang anak sekolah mau belajar dan semangat belajar tentang sesuatu yang pada dasarnya tidak mereka ketahui. Di Indonesia dan hampir seluruh dunia pada dasarnya melakukan test ujian sekolah hanya mengedepankan mengandalkan Ingatan, lebih teptnya bersaing Ingatan. Dimana seorang anak seklolah tidak diajarkan untuk berinovasi tetapi lebih menjuju ingatan tentang pelajaran yang diperolehnya.

Cara Memotivasi Diri Sendiri Agar Semangat Belajar :

1. Tentukan Tujuan

Tujuan menjadi dasar utama penyemangat bagi seseorang agar lebih bisa meraih apa yang dia tuju. Tanpa tujuan maka seseorang memiliki langkah bimbang dan ragu-ragu untuk menjalani apa yang dia tidak tuju. Dalam masalah pembelajaran mungkin kebanyakan anak akan bertanya “Apa sih manfaat mempelajari ilmu ini?!” dan hal tersebut juga saya alami saat saya berada dibangku sekolah.

Buatlah Tujuan “MENDAPATKAN NILAI TINGGI” jika anda belajar disekolah dengan maksud “ah, tidak apa-apa mendapat nilai rendah yang penting kan dapat ilmu“. Hakekatnya ilmu di sekolah atau teori jarang sekali akan digunakan dalam Dunia Kehidupan ini. Hal tersebut dapat membuat anda tidak semangat belajar jika anda hanya mencari ilmu, tentukan target tujuan anda mendapatkan nilai 8, 9 10 A dan Sempurna. Bersaing dengan diri anda sendiri untuk menantang diri anda mampu mendapatkan nilai yang paling tinggi diantara yang lain. Jangan terlalu NAIF mencari ilmu di pendidikan dunia saat ini, carilah NILAI TERTINGGI dan itu akan membuat diri anda tersetting secara otomatis untuk giat belajar.

2. Berfikir Positif

Belajar dengan diikuti rasa terpaksa akan membuat diri anda menjadi malas belajar. Cara untuk mengatasi ini yaitu gunakan pikiran positif dimana anda membayangkan mendapatkan hal-hal menguntungkan bagi diri anda dengan belajar hal tersebut. Semisal anda tidak suka belajar matematika, tetapi jika anda mendapatkan nilai bagus dan meraih persetasi maka anda akan mendapat bewasiswa dan bantuan untuk kuliah diluarnegeri atau mendapat fasilitas penunjang hidup lainnya. Maka pilih target tersebut, dapatkan kesemapatan yang mampu anda peroleh dengan belajar. Mendapatkan keringanan seperti mudahnya mencari kerja dengan nilai yang tinggi karena mendapat nama dari lomba sekolah atau sebagainya, manfatkan hal tersebut yang akan sangat berguna bagi kehidupan anda nanti.

Selain beberapa manfaat yang dapat anda peroleh dari persetasi dan hasil nilai yang memuaskan sisipositif lainnya yaitu anda bisa memberi manfaat kepada orang lain. Memberi pelajaran kepada orang lain dari ilmu yang anda miliki akan sangat bermanfaat bagi kehidupan, dan anda juga mampu untuk berkontibusi dalam ilmu yang anda miliki saat ini untuk perkembangan ilmu pengetahuan.

3. Rileks

Bersantai akan membuat pikiran anda menjadi fresh kembali, tetapi bukan untuk terus-terusan bersantai. Mungkin anda bisa tidur sejenak yang akan membuat Tubuh anda teristirahatkan, Mandi Air Hangat dapat membuat Tubuh dan pikiran anda menjadi segar, Belajar dengan hidangan Cemilan Biskuit dan Teh Hangat, Mendengarkan Radio dan Menonton TV sejenak untuk meningkatkan ide serta kreativitas anda, Membaca buku Certia Motivasi dan sejenisnnya yang akan menambah percaya diri anda.

Istirahatkan diri anda, coba belajar diluar rumah sambil melihat pemandangan dan aktifitas orang-orang. Berikan sensasi berbeda dari hal yang biasa anda lakukan saat belajar. Mencoba belajar dengan teknik yang berbeda membuat anda akan lebih nyaman dari sebelumnya.

4. Diskusi / Belajar Kelompok

Belajar sendiri terkadang membuat malas jika memiliki minat belajar tetapi menemukan suatu masalah yang tidak dapat diselesaikan. Hal ini membuat anda bingung mau bertanya kepada siapa lagi. Belajar kelompok akan membuat anda memiliki referensi untuk saling bertukar pendapat serta aktif berkomunikasi dalam belajar, cara ini sangat efektif bagi anda yang sulit untuk belajar jika sendiri. Merasa tidak ada aktifitas jika hanya membaca sendirian, belajar bersama membuat anda bisa saling memberikan kuis tanya menanya dan browsing di Internet bersama teman-teman anda.

Itulah beberapa tips bagi seseorang agar semangat dalam belajar, selalu berfikir positif dan paksa diri anda untuk menyukai hal yang anda pelajari. Mencari manfaat serta ide-ide kreatif dalam belajar agar kegiatan pembelajaran tidak terasa membosankan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here