Cara Hosting File JavaScript, CSS dan HTML Gratis dan Mudah

Bagi seorang blogger yang mulai serius dalam menekuni blog tentunya kegiatan blogging akan bertambah dari yang tadinya hanya menulis dan mengisi konten kini mulai melakukan Edit Kode pada HTML yang terkadang membutuhkan tempat hosting JavaScript agar program yang digunakan berjalan lancar diblog yang digunakan. Bagi seorang blogger yang menggunakan SelfHosting seperti WordPress tentunya sudah memiliki tempat tersendiri untuk menyimpan data file penting dengan aman dan praktis untuk digunakan.

Bagi pengguna Blogspot yang ingin Hosting JavaScript gratis terdapat banyak layanan yang dapat digunakan baik dari yang berbayar hingga Hosting 100% gratis. Saya sendiri merekomendasikan GitHub untuk anda gunakan mengingat Website yang satu ini tentunya sudah terkenal Profesional dan memiliki kemungkinan kecil untuk ShutDown yang bisa menyebabkan file yang anda simpan akan hilang. Selain Profesional Github juga gratis untuk digunakan, hanya bermodal mendaftar maka anda akan bisa memiliki akses gratis untuk mengupload dan menyimpan file JavaScript dengan mudah.

1. Daftar akun baru di Github, setelah mendaftar Verifikasi Email anda.

2. Setelah anda melakukan Verifikasi Email maka secara otomatis akun anda akan memiliki akses lengkap untuk mengunakan berbagai fitur yang terdapat pada GitHub. Login dan Siapkan file yang akan diupload.

3. Pada halaman utama Github saat anda sudah login klik menu Start a Project > Isi kolom “Repository name” bebas mengisi, tetapi lebih baik isi sesuai judul Project yang anda akan buat agar mudah untuk anda temukan jika ingin melakukan pengeditan suatu saat nanti.

4. Centang “Initialize this repository with a README” dan pilih “Create Repository”

5. Setelah repository (Project) berhasil dibuat maka cari dan pilih menu “Upload” cari data HTML/JavaScript yang ingin anda upload dari komputer anda, tunggu proses Upload sukses, setelah itu pilih “Commit Changes”

6. File JavaScript/HTML berhasil anda upload di Github, kik kanan pada file dan “Copy Link Address” maka Link url HTML/JavaScript yang anda upload sudah anda dapatkan

7. Agar JavaScript/HTML ter Load dengan baik saat digunakan, buka rawgit.com dan paste address url tadi ke Rawgit dan ambil kode “Url in Production”

8. Sekarang JavaScript/HTML sudah siap untuk digunakan

Selain menggunakan Github juga terdapat penyedia hosting JavaScript gratis yang sangat baik seperti YourJavaScript dan lain sebagainnya yang dapat anda coba. Itu semua tergantung dimana anda mendapatkan pengalaman terbaik dalam menggunakan jasa yang diberikan dari penyedia. Jika ada memiliki informasi seputar tulisan di atas silahkan tinggalkan komentar dibawah untuk diskusikan bersama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here