Home artikel Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dan Flek Hitam Secara Alami

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dan Flek Hitam Secara Alami

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dan Flek Hitam Secara Alami

Bekas jerawat lebih sulit dihilangkan dibanding jerawatnya sendiri, bekas jerawat di wajah sering membuat kita tidak percaya diri. Terkadang harus ditutupi dengan bedak yang tebal, tetapi cara itu kurang baik untuk wajah malah bisa memunculkan kembali jerawat yang baru. Jika anda ingin menghilangkan bekas jerawat yang mengganggu di wajah diperlukan perawatan khusus dan intensif agar kulit wajah kembali halus dan lembut.

Flek hitam atau noda hitam di wajah disebabkan oleh sekumpulan pigmen yang berisi melanosome. Pigmen inilah yang menyebabkan noda hitam bekas jerawat muncul di wajah anda. Jika hal ini terjadi pada anda, sebaiknya anda segera menghilangkan bekas jerawat juga flek hitam tersebut dengan cara cepat namun menggunakan cara yang alami tidak menggunakan produk berbahan kimia apapun.

Flek hitam tidak hanya muncul karena bekas jerawat saja, faktor lainnya pemicu tumbuhnya flek hitam adalah faktor usia, akibat dari penggunaan kosmetik, jumlah hormon yang meningkat, sampai paparan sinar matahari yang terlalu berlebihan. Banyak sekali bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat juga flek hitam di wajah.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dan Flek Hitam Dengan Cara Alami

1. Bengkoang

Bengkoang adalah salah satu jenis umbi-umbian yang mengandung mineral lengkap yang manfaatnya banyak untuk kesehatan dan khususnya untuk kecantikan. Bengkoang ini memiliki kegunaan mencerahkan kulit wajah secara alami. Bengkoang juga bisa membuat kulit anda terbebas dari flek hitam yang mengganggu.

2. Lemon atau jeruk nipis

Anda bisa memilih jeruk nipis ataupun lemon untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Keduanya memiliki manfaat yang sama yaitu mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan munculnya flek hitam tersebut. Sifat masam yang terdapat pada lemon dan jeruk nipis juga berfungsi untuk mengecilkan pori-pori di wajah.

3. Madu

Madu bukan hanya enak dimakan karena rasanya yang manis, tetapi ternyata madu juga memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan. Anda dapat memanfaatkan madu untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah, karena kandungan vitamin E yang ada pada madu mampu mempercepat proses regenerasi sel kulit baru, mencegah munculnya keriput, mengencangkan kulit dan merawat kulit wajah secara alami.

Baca Juga :
Manfaat Madu Untuk Kecantikan Kulit, Wajah Dan Rambut

4. Susu

Susu adalah minuman yang kayak nutrisi yang tentunya dibutuhkan oleh tubuh, susu juga mampu menutrisi kulit dan menstabilkan hormon yang terdapat di dalam tubuh. Anda dapat menggunakan susu yang dijadikan masker wajah untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat yang terdapat di wajah atau di tempat-tempat lain misalnya punggung.

5. Mentimun

Mentimun juga bisa anda jadikan masker wajah, karena mentimun mengandung kalium dan vitamin E yang cukup tinggi. Sehingga masker mentimun ini bisa membantu anda dalam menghilangkan bekas jerawat dan melembapkan kulit wajah asalkan anda melakukannya secara rutin.

6. Tomat

Bukan hanya pada mentimun, ternyata kandungan vitamin E yang tinggi terdapat juga pada buah tomat. Manfaat dan khasiat dari tomat ini adalah mengatasi jerawat, mempercepat regenerasi kulit yang baru, mengatasi peradangan kulit, mencegah keriput dan masih banyak lagi. Tomat juga dapat anda gunakan untuk bintik-bintik hitam yang ada pada wajah akibat dari bekas jerawat.

7. Semangka

Saat kita makan semangka rasanya memang sungguh segar dan manis di mulut, namun semangka ini ternyata berkhasiat juga dalam menghilangkan noda hitam yang mengganggu di wajah. Semangka mengandung kalium yang tinggi yang dapat melarutkan sel kulit mati. Anda juga bisa menggunakan semangka untuk menghilangkan flek hitam di wajah.

Baca Juga :
Manfaat dan Bahaya Mengkonsumsi Buah Semangka

8. Pepaya

Buah pepaya yang terkenal dengan khasiatnya yang mampu mengatasi sembelit ini memiliki khasiat lain dalam hal kecantikan yaitu dapat memudarkan noda hitam di wajah. Karena pepaya mengandung serat dan kandungan vitamin E yang tinggi yang ampuh dalam proses regenerasi kulit.

9. Lidah buaya

Selain sebagai penumbuh rambut alami, aloevera atau lidah buaya juga bermanfaat dalam menyamarkan noda hitam bekas jerawat pada wajah. Lidah buaya juga sering digunakan sebagai obat penghilang bekas luka. Tetapi hati-hati dengan getah yang terdapat pada lidah buaya karena dapat membuat kulit gatal-gatal.

Baca Juga :
Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Tips Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Dan Flek Hitam

1. Menjalani pola hidup sehat

Gaya hidup sehat adalah tidak merokok, tidak begadang, tidak mengkonsumsi alkohol, gorengan dan makanan-makanan siap saji. Anda harus mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dan bergizi untuk proses metabolisme tubuh.

2. Selalu melindungi kulit

Jika bepergian ke luar ruangan gunakan tabir surya spf 50 untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Gunakan juga topi yang lebar, kerudung, atau payung saat anda pergi ke luar rumah di siang hari.

3. Merawat kulit dengan cara yang benar

Gunakan cara alami yang aman dan tidak berbahaya dalam merawat kulit seperti menggunakan buah-buahan yang sudah dijelaskan tadi untuk menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat.

No ratings yet.

Please rate this

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here