Bingung Setelah Lulus SMK - Pengalaman Pribadi Fresh Graduate

Masa SMK adalah masa yang sangat menentukan, dimana kita akan melangkah kedepan nantinya. Tetapi terlalu banyak anak muda sekarang ini yang terlalu asik menjalani dan menghabiskan masa sekolahnya dengan hanya bersenang-senang. Sebenarnya tidak ada salahnya bersenang-senang di masa SMK, toh cuma sekali dalam seumur hidup, tetapi yang perlu diperhatikan bukan semua waktu luang yang ada pada saat SMK digunakan  hanya untuk memenuhi hasrat jiwa muda yang ingin bebas tetapi juga melakukan kegiatan yang akan bermanfaat kedepannya suatu saat nanti. Tentunaya sikap dan perbuatan yang dilakukan pada saat masa SMK juga akan sangat berpengaruh di masa yang akan mendatang nantinya. rasanya memang bukan saat ini, tetapi jika anda mengunakan waktu luang pada saat SMK untuk kegiatan yang baik bagi masa depan anda, tentunya hasil tidak akan pernah berbohong. Keberuntungan memang nyata adanya tapi usaha selalu menghasilkan perubahan.

Bagi anda yang pada saat ini sedang beranjak untuk menentukan kemana anda akan pergi setelah lulus SMK nantinya sebenarnya terdapat beberapa pilihan yang dapat anda lakukan untuk melangkah maju kedepan dan merasakan menjadi orang dewasa

 

A. KULIAH

Kuliah di PTN memang tidak dikhususkan bagi seorang yang merupakan lulusan dari SMK, perlu anda ketahui sedikit pengalam saya akan sampaikan bahwa siswa SMK mungkin akan lebih sulit untuk meneruskan di PTN karena memang lulusan SMK lebih diprioritaskan melangkah ke dunia kerja. SMK memiliki pengalaman magang serta praktik dalam kegiatan yang menyinggung dunia kerja lebih banyak dibandingkan dengan anak SMA, mungkin itu yang membuat anak SMK lebih sedikit untuk di terima di PTN entah karena kualitas pembelajaran SMK SMA yang berbeda tetapi dari sepengetahuan saya serta teman-teman yang dulu ikut mendaftar untuk meneruskan memilih kuliah hanya sedikit yang akhirnya diterima untuk bisa melanjutkan pendidikan di PTN yang dininginkan.

Hal lain yang anda perlu ketahui juga anda perlu mempersiapkan kebutuhan dana untuk membiayai anda dalam melanjutkan untuk Kuliah. Tidak punya biaya, masih ada alternatif lain seperti Bidikmisi yang akan mempermudah anda dalam urusan ekonomi tetapi disini anda akan mendapatkan saingan berupa anak berprestasi, “Jangan patah semangat di coba dulu aja, tunjukan bahwa anda BISA“. Mungkin bagi anda ah’ kuliah sekarang sangat murah masa begitu saja tidak bisa? lebay luhhh’, mungkin terpikir dibenak anda untuk mengatakan saya seperti itu, tetapi untuk sebagian orang memang terdapat anak yang kurang mampu baik secara Finansial dan Prestasi. Kuliah sambil kerja, jika itu pilihan anda silahkah jika anda siap dan itu sangat baik’ tapi selalu ingat dengan konsekuensi yang ada, konsisten kinerja baik serta optimal dalam pendidikan. Tapi mau apa lagi’ menyalahkan keadaan dan bilang oh’ betapa malangnya nasibku… TEGAS!!!. GAGAL coba lagimasih GAGAL ganti cara (tetap cara yang berkah) Tetap GAGAL cari yang lain .

1. SNMPTN (RONDE 1)

Cara Setelah Lulus Sekolah Meneruskan Kuliah

Saya pernah mengikuti seleksi SNMPTN dengan jalur BidikMisi dengan nilai yang diatas rata-rata anak SMA pada saat itu tetapi hasilnya saya dikalahkan dengan nilai pelajaran anak SMA yang lebih rendah dari saya. Ataukah memang pelajaran umum anak SMK Matematika Bahasa IPS Sains dan lain sebagainya lebih mudah dari pelajaran anak SMA? ntah saya juga kurang tau dan tidak mau tau. Ataukah saya yang salah memilih jurusan dalam PTN, ntahlah yang saya tau hanya melangkah kedepan dan menerima kekalahan. Mau coba lagi taun depan? silahkan tidak ada yang melarang.

2. SBMPTN (RONDE 2)

Jalur SBMPTN masih ada, bermodal dengan belajar pembahasan soal SBMPTN dari Internet dengan memanfaatkan BidikMisi yang membuat biaya test menjadi gratis saya sangat semangat dan penuh percaya diri untuk dapat menjawab semua pertanyaan dari SAINTEK serta SOSHUM. Walaupun jauh dan tidak tau lokasinya saya nekat berangkat naek angkutan umum, lokasinya cukup jauh berhubung rumah saya ada di desa. 2 Kali naik angkutan umum saya jalani, sampai disana ternyata masih perlu jalan kaki yang lumayan jauh. Untung ada orang yang baik hati memberikan tumpangan. Saat test dimulai dan saya buka lembar soalnya Na’as hanya doa yang mampu saya penjatkan saat itu. Dengan pengetahuan seadanya saya jawab soal dengan penuh ikhlas dalam diri saya. Dan tentunya saya gagal di babak SBMPTN ini, ahh… legowo aja’ mungkin ada hikmah dibalik semua ini. Toh sudah berjuang sebaik mungkin yang saya bisa. Memang ada babak selanjutnya, tetapi saya putuskan sudah cukup sampai disini …

B. KERJA

Cara Mencari Kerja Setelah Lulus dari Sekolah SMA SMK

Pilihan ini memang cocok untuk saya yang berasal dari keluarga kurang mampu, serta saya sendiri yang kurang berprestasi untuk bisa menggapai ilmu yang lebih banyak melalui kuliah. Jika anda atau keluarga anda memiliki kenalan yang mempu untuk mencarikan kerja di tempat yang bagus mungkin itu baik untuk anda. Tetapi saya tidak memiliki kenalan yang mempu mencarikan kerja di tempat yang berkualitas. Ada banyak kenalan orang tua tetapi jika begitu saya tidak ingin hanya karena kenalan jadi memudahkan saya untuk bekerja di perusahaan yang berkualitas, hal tersebut bagi saya tidak memberikan pengalaman yang baik untuk masa depan nantinya. Saya putuskan untuk mencari kerja sendiri, berhubung rumah saya jauh dari teman SMK saya selalu mencari kerja dengan berjalan kaki dari Kawasan Industri untuk menemukan perusahaan yang bersedia menerima sorang anak lulusan SMK yang belum memiliki pengalaman apapun kecuali magang. Terdapat banyak syarat yang digunakan persuahaan untuk menerima karyawan kerja, dan hal tersebut memang bukan mengapa, toh mereka juga mencari yangterbaik dapat diandalkan untuk meningkatkan persuahaan yang mereka kelola.

Jadi bagi anda yang akan meneruskan ke dunia kerja dengan mencari pekerjaan sendiri jangan teralu berharap untuk mendapatkan posisi yang istimewa. Berharap memang boleh, tetapi jika tidak sesuai harapan jangan kecewa dengan kecewa yang begitu mendalam, tetap semangat untuk menjalani apa yang ada. Dari berbagai perusahaan ada yang meminta menimal sudah berpengalman dalam bidangnya selama satu tahun dan ada juga yang harus lulusa D3 ataupun yang lainnya. Sangat sedikit yang menerima hanya cap label Fresh Graduate dan itupun dengan posisi yang tidak tepat serta dengan gaji dan fasilitas yang sangat minim. Apa boleh dibuat, jika itu cukup bagus untuk kita maka terima dengan ikhlas, tetapi jika itu terlalu merugikan kita maka berusahalah mencari yang lebih baik. Saya mendapatkan pekerjaan setelah sekitar 8 kali melamar kerja di perusahaan, kendala tidak memiliki sarana transportasi yang mendukung seperti motor bukan sebuah halangan untuk terus melangkah kedepan.JIka ada kesempatan yang lebih baik, maka jangan sia-siakan kesempatan yang ada dengan cara yang baik pula. ” GO Ahead, And Face Like A Man “

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here