Audzubillah Himinas Syaiton Nirojim Artinya - Tulisan Arab
Apakah anda tau sebuah bacaan yang biasa di ucapkan saat seseorang akan Membaca Al-Qur’an (Ngaji) ataupun saat akan Sholat ? Dengan Tulisan latin “audzubillah himinasyaitonirrajim” dan jika dibunyikan menjadi seperti “Audzubillah Himinas Syaiton Nirojim” kalimat yang sangat sering kita dengar tapi banyak orang yang tidak tau darimana asal usul bacaan tersebut

 

أَعُوْذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِِْ

Artinya : “Aku berlindung kepada Allah dari syaithan yang terkutuk”

 

Kalimat bacaan tersebut disebut sebagai Bacaan “Ta’awudz / Isti’adzah” . Ta’awudz adalah sebuah bacaan yang digunakan untuk tujuan memohon perlindungan kepada Allah ﷻ dari godaan Setan saat hendak membaca kitab suci Al-Quran .
Hukum membaca kalimat Ta’Awudz (Audzubillah Himinas Syaiton Nirojim) menurut sebagian Ulama adalah sunnah dibaca ketika akan membaca Al-Qur’an atau saat akan Sholat . Kalimat tersebut berasal dari dalam Al-Qur’an yang terdapat perintah untuk membaca “Audzubillah Himinas Syaiton Nirojim” sebelum membaca Al-Qur’an.

 

فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآنَ فَاسْتَعِذْ بِاللّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Artinya : “Apabila kamu membaca Al-Qur’an, hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaithan yang terkutuk.” (QS. An-Nahl [16] : 98).

 

Selain digunakan sebelum membaca Al-Qur’an biasanya bacaan Ta’Awudz juga diucapkan ketika seseorang hendak melakukan Sholat. Pendapat ini adalah yang paling shahih dalam madzhab Syafi’i dan diperkuat oleh Ibnu Hazm (Lihat al Majmuu’ III/323 dan Tamaam al Minnah 172-177).
Setelah bacaan “AudzubillahHiminasSyaitonNirojim” biasanya dilanjutkan dengan membaca basmalah yang kemudian dapat lebih tenang dalam mengerjakan Sholat ataupun dalam membaca Al-Qur’an. Itulah asal usul dari kalimat Ta’Awudz yang sering di ucapkan ketikan akan melakukan Sholat ataupun Mengaji membaca Al-Qur’an .

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here